Faktor-Faktor Penyebab Email Masuk dalam Kontak Spam

Faktor-Faktor Penyebab Email Masuk dalam Kontak Spam

Faktor-Faktor Penyebab Email Masuk dalam Kontak Spam – Mungkin junk email atau spam email pernah terjadi pada akun email pribadi kamu. Jika hal tersebut terjadi, tentunya merugikan pemilik email. Apalagi jika email yang digunakan merupakan email pekerjaan atau email marketing, pastinya menghambat transaksi bahkan gagal menjangkau pelanggan.

Spam email dapat terjadi karena beberapa faktor yang mendasarinya. Jika email masuk ke dalam folder spam maka ada pula cara mengatasinya, karena hampir semua orang memiliki akun email. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai spam email, faktor dan cara mengatasinya.

Mengenal Lebih Jauh Spam Email

Junk mail adalah semua bentuk jenis komunikasi digital yang tidak diterima atau tidak diinginkan, dikirim secara bersamaan atau masal, biasanya melalui email. Melakukan spam hanya akan mengurangi sumber daya dan membuang-buang waktu hanya dilakukan oleh orang kurang kerjaan.

ISP atau penyedia layanan internet akan membawa dan menyimpan semua data jadi pada saat peretas tidak dapat mencuri data bandwidth milik ISP. Oleh karena itu para peretas akan mencoba mencurinya dari individu, meretas beberapa komputer dan parahnya mempekerjakannya di botnet.

Penyedia perangkat lunak kemudian menginvestasikan sumber dayanya agar dapat membuat aplikasi email yang mencoba memfilter spam. Selain di email spam dapat terjadi di forum internet, komentar blog, media sosial dan pesan teks.

6 Penyebab Email Masuk Spam

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menjadikan email yang dikirimkan masuk dalam kontak spam.

1. Tidak Mendapat Izin dari Penerima Email
Email masuk dalam spam karena belum mendapatkan izin dari si penerima email. Contohnya saja ketika penerima email tidak mengetahui siapa pengirim email, tentu hal ini membuat penerima akan menanggapinya sebagai email spam dan mengabaikannya.

Oleh sebab itu, jika ingin mengirim pesan melalui email izin terlebih dahulu agar tidak terjadi hal demikian. Salah satu contoh izinnya yaitu dengan memanfaatkan formulir online yang langsung diisi oleh audience.

2. Penerima Menandai Email Sebagai Bentuk Spam
Alasan selanjutnya mengapa email yang dikirim masuk dalam spam yaitu karena penerima email menandai bahwa pesan yang masuk adalah spam. Walaupun email sudah terkirim namun jika penerima menandai email sebagai spam, email hanya akan berakhir di dalam kontak spam.

Dengan begitu buatlah judul yang baik pada file yang dikirimkan atau menggunakan kata-kata yang bagus sebagai subjek dan isi email. Setidaknya hal tersebut dapat meminimalisir email masuk dalam kotak spam.

Faktor-Faktor Penyebab Email Masuk dalam Kontak Spam

3. Konten Terjaring Filter Spam
Filter spam merupakan fitur yang digunakan untuk menyaring email masuk berdasarkan beberapa elemen tertentu. Jika email yang dikirimkan mengandung elemen tersebut maka secara otomatis dianggap sebagai spam.

Berikut ini hal-hal yang dapat menjadi pemicu mengapa email yang dikirimkan masuk dalam spam:

* Kalimat dengan huruf besar semua (BESAR SEMUA).
* Berisi banyak tanda seru atau tanda dolar yang berturut-turut.
* Berisi banyak kata-kata seperti tanpa biaya, gratis dan harga terendah.
* Menggunakan kata-kata dengan spasi atau penggunaan tanda baca yang tidak perlu.
Namun memang sulit dihindari penggunaan kata “gratis” apalagi email yang dikirimkan merupakan email yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa. Tidak perlu khawatir, karena dapat diganti dengan kata lain seperti “cuma-cuma” atau “super terjangkau” untuk menghindari filter spam.

4. Tidak Ada Link Berhenti Langganan
Terkadang ada beberapa email marketing tanpa opsi berhenti berlangganan yang hampir sama dengan pemaksaan. Email seperti ini sering diartikan sebagai spam oleh penerima email karena hal tersebut juga diatur dalam undang-undang yang jelas.

Salah satunya AS yaitu Can Spam, dimana email marketing harus menyertakan cara berhenti berlanggan kepada penerima. Prosesnya tidak boleh lebih dari 10 hari, dihitung mulai dari audience klik opsi berhenti.

Link berhenti langganan bukan menjadi masalah serius karena dengan adanya link tersebut penerima email merasa lebih aman. Terutama jika email yang dikirimkan cukup menarik justru email akan diterima dengan baik oleh penerima.

5. Judul Tidak Relevan
Salah satu penyebab email masuk dalam filter spam yaitu kerana judul email yang tidak relevan dengan isi didalamnya atau clickbait. Judul yang seperti itu membuat penerima email merasa tertipu dan langsung menandainya sebagai spam, berikut cara menghindari click bait.

* Berisi klaim yang berlebihan, misalnya saja “terima kasih untuk pemesananya” judul seperti itu mungkin menarik namun akan menimbulkan kekecewaan penerima.
* Berupa pesan pribadi, harus dapat membedakan antara judul email dan isi.
* Menggunakan format yang tidak sesuai, jangan pernah membuat judul dengan awalan “RE” kecuali sudah membalas email sebelumnya. Mulailah email baru dengan judul yang baru.
Mulailah percakapan email dengan memberi judul yang sesuai, menggunakan kata kerja yang pas dan tidak berlebihan. Selain itu pastikan judul sama dengan apa yang disampaikan di dalam konten email.

6. Belum Mengatur Autentikasi Email Otomatis
Saat menggunakan layanan otomatis, email yang dikirim akan mengikuti domain pemilik akun. Jika pengaturannya tidak sesuai maka hal tersebut bisa disalah artikan sebagai spam. Oleh sebab itu, lakukan pengaturan autentikasi email yang tepat terlebih dahulu.

Cara autentikasi email dapat menggunakan SPF atau Sender Policy Framework dan DKIM atau Domain Key Identified Mail. SPF dapat memverifikasi alamat IP pengirim untuk daftar IP yang sudah disetujui.

Sementara untuk DKIM yaitu memverifikasi dengan memberikan kunci enkripsi serta tanda tangan digital. Untuk autentikasi dapat menggunakan salah satu dari cara tersebut, tergantung dengan kenyamanan masing-masing.

Banyak blog yang menyediakan informasi tentang junk email atau lebih sering dikenal dengan spam. Spam memang mengganggu jika terjadi ke akun email, namun setelah mengetahui beberapa faktor terjadi spam dan cara menangani spam dapat diatasi dengan mudah.

Author: greedinm130