Mengenal Apa itu Junk Email dan Penyebabnya

Mengenal Apa itu Junk Email dan Penyebabnya – Junk email atau pesan spam, sesuai dengan namanya yaitu bisa diartikan srbagai pesan sampah. Hal ini bisa terjadi karena pengiriman pesan atau surat elektronik yang terjadi secara bersamaan dalam jumlah yang banyak kepada salah satu alamat email. Mungkin keberadaanya bisa dibilang mengganggu, karena mungkin bisa menutupi pesan-pesan yang notabene lebih penting dan jelas asal usul pengirim dan tujuannya, karena mayoritas junk email ini hanya berisi promosi, tawaran, iklan, bahkan tipuan. Ditambah lagi kadang pengirimnya juga belum jelas diketahui. Hal ini sering kali tambah menyebalkan ketika ia tidak masuk ke dalam spam box atau kotak spam melainkan masuk ke dalam kotak masuk email utama atau kebalikannya.

Hal ini tentunya mengurangi space kotak masuk atau inbox email utama, yang mana disamping itu tentunya juga pasti merugikan dan tidak enak di pandang mata bukan? Bisa dibilang wajar jika spam hanya berisi promosi, iklan, tawaran, akan tetapi bisa juga membawa dampak negatif jika itu berupa penipuan dan penyebaran hoax, virus, malware dan berbagai kejahatan online lainnya. Mengenai pengirim, tentunya tidak hanya berasal dari dalam negeri, melainkan juga dari luar negeri, karena tidak jarang juga dijumpai banyak pengirim pesan spam atau spammers yang menggunakam bahasa asing yang tidak kita ketahui.

Berhubung banyak kejahatan yang telah dilakukan melalui junk email, alangkah baiknya kita waspada dan lebih berhati-hati serta tetap meningkatkan keamanan dan kerahasiaan akun email pribadi kita. Jangan sampai kita terpengaruh, terkena tipu bahkan menjadi korban atas penyebaran isu atau berita hoax bahkan berbagai virus berbahaya. Dengan demikian, sebagai pengguna email kita harus bijak dan jangan mudah percaya dengan informasi yang belum tentu kebenarannya, serta jangan mudah percaya dengan tawaran pesan yang belum tentu jelas pengirimnya. Bedakan antara pesan yang benar-benar penting dan hanya spam

Berikut adalah penyebab masuknya pesan utama ke dalam junk email yang harus Anda ketahui, minimal agar Anda dapat meminimalisir atau mencegah masuknya email penting Anda ke dalam kotak spam

1. Jangan sampai terjerat filter konten
Dalam hal ini, pesan yang Anda terima akan masuk ke dalam kotak spam tak tidak muncul dalam notifikasi pesan masuk. Hal ini tentunya akan sangat merugikan apabila suatu pesan yang masuk tersebut merupakan pesan yang penting bukan? Maka, gunakanlah bahasa yang baik dan benar, serta patuhi aturan nasing-masing email agar konteks email Anda lulus sensor.

2. Pengirim email menandai Anda (penerima) sebagai spam, maka otomatis pesan akan masuk ke dalam kotak spam.

3. Keseringan dalam mengirimkan pesan, atau sering melakukan spam dan kondisi IP addres atau alamat IP yang tidak bagus. Hal ini juga akan menjadikan pesan masuk ke kotak spam.

Itulah hal yang perlu Anda waspadai agar pesan atau email penting Anda tidak masuk ke dalam kategori junk email.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
RSS
Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram